Persamaan Teori Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dengan SISTEM PENDIDIKAN di Finlandia

Finlandia adalalah negara yang terlerletak di benua eropa tepatnya di eropa utara, negara dengan luas sekitar 338.424 km persegi ini mempunyai jumlah penduduk kurang lebih 5 juta jiwa. Finlandia pernah menghuni peringkat pertama dalam sistem pendidikan terbaik di dunia selama 14 tahun sebelum di kudeta oleh Singapura. 
peta finlandia
achmadfirdaus.files.wordpress.com
Sistem pendidikan Finlandia sebenarnya sangat unik dan berbeda dengan negara-negara lain yang terkesan kaku dalam sistem pendidikannya. sistem pendidikan Finlandia sangat luwes dan tidak memaksakan peserta didiknya dalam proses belajar.

sistem pendidikan Finlandia sangat menghargai anak anak dalam bermain bebas dan melakukan hal-hal lain dari pada terus menerus duduk dikelas. Anak-anak di Finlandia boleh masuk sekolah jika sudah berusia 7 tahun, dan jam pelajaran pun tidak terlalu lama, hanya 3-4 jam saja dalam sehari dengan waktu istirahat mencapai 75 menit. di Finlandia tidak ada PR atau UN sebelum lulus sekolah dasar, karna saat SD guru fokus untuk membentuk sikap anak bukan intelektualnya.
Ternyata sistem pendidikan di Finlandia ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari apa yang di rancang oleh bapak pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara yang dijelaskan dalam buku-bukunya. seperti dalam bukunya yanjg bejudul ''PUSARA'' Beliau berpendapat bahwa ''jangan menyeragamkan hal-hal yang tidak perlu diseragamkan. Perbedaan bakat dan keadaan hidup anak dan masyarakat yang satu dengan yang lain harus menjadi perhatian dan diakomodasi''.
KI HAJAR DEWANTARA
Biografiku.com
Dan beliau jga berpendapat dalam buku ''KELUARGA'' bahwa ''anak-anak tumbuh berdasarkan kekuatan kodratinya yang unik, tak mungkin pendidik mengubah padi menjadi jagung, atau sebaliknya.Kesamaan yang terahir muncul dalam ''MIMBAR INDONESIA'' saat Ki Hadjar Dewantara menganggap ''bermain adalah tuntutan jiwa anak untuk menuju ke arah kemajuan hidup jasmani ataupun rohani''.
Fakta-fakta kesamaan sistem pendidikian inilah yang membuat Anies Baswedan berujar ''ironis ketika negara lain menerapkan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang ditulis puluhan tahun yang lalu dan sukses meningkatkan kinerja pendidikan mereka.... saat kita sendiri semakin terasing dari pemikiran-pemikirannya''.
Memang data mengatakan bahwa Indonesia saat ini berada dalam status 10 besar, tapi dalam peringkat negara-negara yang berada dalam sistem pendidikan tertinggal dari negara-negara lain.


Komentar