HAL-HAL SEPELE YANG DAPAT MENYELAMATKAN BUMI KITA

savetreessaveearth.com

Semakin hari kerusakan yang dialami oleh bumi kita semaki parah, hal ini terjadi karena ulah dari manusia itu sendiri. Beberapa dari kita melakukan hal-hal yang secara sadar atau tidak sadar berakibat kerusakan kepada bumi kita ini, seperti buang sampah sembarangan, pembukaan lahan secara besar-besaran, dan perang antar kelompok yang pastinya akan merusak lingkungan di sekitarnya. 

Untuk menyelamatkan bumi kita tercinta ini, mulailah dengan melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan sendiri, seperti buang sampah pada tempatnya, menghemat listrik dan masih banyak lagi. Ada beberapa perbuatan lain yang dianggap sepele oleh kebanyakan orang namun mampu menyelamatkan bumi kita. Bebeapa diantaranya adalah : 

1. Habiskan makanan yang kalian masak/beli


Setiap tahunnya ada sekitar 1,3 milyar ton makanan sisa yag dibuang baik dari restoran maupun dari rumah tangga. Jika semua makanan itu diuangkan makanan sisa itu setara dengan 1.100 triliun. Bayangkan saja, jika makanan itu diberikan kepada orang-orang yang kelaparan dibeberapa Negara yang sedang konflik atau yang sedang membutuhkan makanan tentu saja hal ini akan sangat membantu mereka. Tetapi kenyataannya makanan ini menjadi sia-sia dan dibuang begitu saja, tentunya hal ini akan menambah polusi di bumi kita. 



2. Kantongi sampahmu


Masalah sampah memang menjadi masalah utama di berbagai Negara di dunia. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Sekecil apapun sampah yang kita buang sembarangan, sudah cukup untuk menyumbang polusi di bumi ini. Kebanyakan dari kita membuang sampah sembarangan karena tidak menemukan tempat sampah di sekitar kita saat kita membutuhkan, maka dari itu mulai dari sekarang kantongilah sampahmu dan buanglah ketika sudah mendapatkan tempat sampah. Hal ini sudah dipraktekkan di Negara Jepang, orang-orang jepang selalu mengantongi sampahnya ketika mereka berada jauh dari tempat sampah, dan akan membuangnya jika sudah menemukan tempat pembuangan, dan hal ini terbukti efektif untuk mengurangi masalah sampah di Jepang. 



3. Biasakan jalan kaki



Jalan kaki merupakan hal yang sangat sulit ditemukan di Negara kita, kebanyakan dari kita jika bepergian lebih memilih menggunakan kendaraan dibandigkan jalan kaki, meskipun tempat yang dituju tergolong dekat dari rumah kita. Selain untuk mengurangi polusi, berjalan kaki juga memiliki beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan, seperti kesehatan bagi tubuh kita. Yuk jalan kaki…!!! 



4. Tanam pohon di halaman rumah



Menanam pohon adalah salah satu perbuatan yang dapat menyelamatkan bumi kita. Tidak harus dengan skala besar, tapi mulailah dari ligkungan sekitar kita seperti halaman rumah atau halaman belakang rumah kita. Kita ketahui satu pohon akan menghasilkan oksigen sebanyak ½ kilogram perhari, tentunya hal ini sangat baik untuk bumi kita dan untuk kelangsungan kehidupan manusia. 




Sumber Referensi :

Komentar

  1. Masalah sampah ini yg susah dikontro.. Bagus pak artikelnya

    BalasHapus
  2. Benar-benar sepele. Tapi sayangnya tidak semua orang menyadari dampak hal-hal kecil seperti ini.

    Jejak - Dapur Mantul

    BalasHapus

Posting Komentar