MENGAPA SQUIDWARD BEKERJA DI KRUSTY KRAB PADAHAL DIA MEMBENCI PEKERJAAN ITU...?



Mengapa Squidward bekerja di Krusty Krab padahal ia membenci pekerjaan itu,...?, 

(disclaimer : Pertanyaan di atas penulis dapatkan dari forum tanya jawab quora yang dijawab oleh akun bernama Bagus Ramadhan) http://www.quora.com 

Tokoh Squidward dalam serial kartun Spongebob Squarpant digambarkan sebagai sosok yang dengan terang-terangan membenci pekerjaannya. Hal ini adalah gambaran kehidupan yang ingin disampaikan oleh Stephen Hillenburg (pencipta animasi) kepada penontonnya bahwa di dunia nyata banyak sekali orang-orang seperti Squidward yang membenci pekerjaannya. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang-orang yang bekerja kecanduan dengan pujian, fenomena ini oleh para peneliti disebut dengan praise addiction.

Praise addiction adalah seseorang yang kecanduan pada intensitas, penghargaan, dan hal-hal yang memotivasi dari sisi ekstrinsik atau dari luar diri sendiri.

Masalahnya, motivasi ekstrinsik ini sudah dibangun sejak di bangku sekolah, dimana para siswa diajarkan untuk berlomba-lomba mendapatkan penghargaan seperti juara kelas, juara umum, atau hanya sekedar mendapat pujian dari guru karena bisa pertanyaan yang diajukan dengan benar.

Hubungannya dengan Squidward adalah, Squidward ingin dihargai dan diapresiasi dari hobinya yaitu bermain musik dan seni, namun hal tersebut tidak pernah di dapatkan oleh Squidward sehingga ia harus bekerja di tempat yang dia sendiri tidak menyukainya.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika kita berada di posisi seperti ini...?

1. Yang pertama adalah mulai berdamai dengan pekerjaan yang kita hadapi dan berusaha mencari motivasi-motivasi dalam diri kita sendiri.

2. Yang kedua adalah keluar dari pekerjaan yang kita jalani saat ini dan mulai mengejar mimpi yang kita impikan.

Komentar