Mengenang 40 tahun TRAGEDI Tinombala

operasi tinombala adalah judul dari sebuah film yang diangkat dari kisah nyata peristiwa kecelakaan pesawat merpati airlines dengan kode penerbangan PK-NUP yang menabrak puncak pegunungan Tinombala yang berada di kecamatan Ongka-Malino, kabupaten Parigi-Moutomg,Palu, Sulawesi tengah.
Pada 29 Maret 1977 pesawat merpati airlines PK-NUP lepas landas dari bandara Samratulangi , Manado dengan tujuan Toli-toli dengan rute Luwuk dan Poso. Pesawat dengan jenis DHC-6 twin otter ini dipiloti oleh capt.AHmad Anwar da co-pilot Mochammad Masykoer, pesawat ini membawa penumpang 20 orang plus awak peawat 3 orang.

pada saat ingin mengambil jalur utara yaitu melewati pegunungan tinombala cuaca cukup bagus, namun sesaat sebelum melintasi pegunungan, pesawat diselimuti awan tebal, setelah keluar dari awan, di depan dan sebelah kanan pesawat terlihat pepohonan yang cukup tinggi, melebihi tinggi terbang pesawat, pilot ingin menghindar dengan menarik kemudi ke kiri, namun sudah terlambat, sayap kanan menebas pohon dan patah sehingga pesawat belok kekanan, syap kiri pun menabrak pohon dan patah, tersisa badan pesawat yang meluncur kebawah menebas pepohonan, pesawat pun jatuh sampai ke tanah (kesaksian Masykoer).
Co-pilot Masykoer pada saat itu selamat namun mengalami cidera di telinga dan salah satu matanya. Setelah menyelamatkan beberapa penumpang yang juga selamat, Masykoer meminta izin kepada pilot Ahmad Anwar untuk mencari bantuan di desa yang berada di kaki gunung, dalam perjalanan menuju desa, Masykoer bertemu dengan 2 korban lainnya yang juga ingin menuju desa mereka berdua ialah Hasan Tawil dan H. Sholeh Midu, ketiganya berjuang menelusuri hutan menuju desa, 6 hari tanpa makanan menelusuri hutan dengan mengikuti sungai yang menuju ke desa, setelah 6 hari berjuang akhirnya mereka bertiga bertemu dengan pemukiman warga yaitu desa ongka-malino daerah transmigrasi, mereka langsung menceritakan apa yang mereka alami kepada pegawai transmigrasi yang ada disana.

8 hari setelah kejadian, lokasi kecelakaan ditemukan oleh tim SAR. Namun, evakuasi belum bisa dilakukan karna helikopter tidak bisa mendarat di tempat kejadian, hari ke-9 helipad darurat baru selesai di buat oleh tim SAR, evakuasi selesai pada hari ke-13 setelah kejadian.

Jumlah korban yang terdata sebanyak 13 orang meninggal termasuk sang pilot Ahmad Anwar dan 10 lainnya selamat dan dirawat di RS terdekat.
Operasi SAR pada saat itu dinamakn operasi tinombala, yang merupakan operasi tim SAR terbesar pada masa itu, operasi tersebut melibatkan TNI, POLRI, Basarnas, dan para relawan dari warga sekitar.
karna berita tentang jatuhnya Merpati airlines PK-NUP menjadi hal yang menghebohkan negara pada masa itu, maka setahun setelah kejadian dibuat film dengan judul "operasi tinombala", film ini menceritakan kisah dari perjuangan para korban peasawat merpati airlines.
Film yang berdurasi 116 menit ini disutradarai oleh M.Syariffudin, naskah oleh M.Aminudin dan dibintagi oleh WD Mochtar dan Tuty Kirana.





SUMBER REFERENSI:
http://hasanlaewang.blogspot.com
http://www.wikipedia.co.id
http://djorky112.blogspot.com
http://www.liputan6.com
http://angkasa-online.com 

Komentar