PENGALAMAN JADI BLOGGER PEMULA

freelogovectors.net

Oke pada kesempatan kali ini, saya tidak membagikan informasi-informasi seperti biasanya, tapi kali ini saya membagikan pengalaman saya sebagai seorang blooger pemula di blogspot. Nah, cerita ini mungkin membosankan untuk dibaca, jadi jika kalian tidak ingin terkena penyakit gatal-gatal, jangan lanjutin baca artikel ini, langsung aja di close. Hehe 😅

Nah bagi kalian yang memang mempunyai IQ diatas dua ribu, gak papa kalo mau lanjuti baca, karna IQ kalian memenuhi syarat minimal untuk membaca artikel ini.
Oke lah langsung aja, dari pada kebanyakan bencong, eh cincong maksudnya..!!!.
Kita mulai dari awal gue membuat akun blogspot. Gue udah lupa tanggal dan jam berapa gue buat akun blogspot, tapi intinya itu sekitar ahir-ahir tahun 2017, pada saat itu niat gue pertama kali ngeblog sih buat cari duit dari google, tapi karna pada saat itu gue gak punya laptop, jadi kerja keras banget pas awal-awal ngeblog. Dari pinjem laptop temen, tetangga, bapak kos, ribet banget pokoknya, tapi warnet tetep nomor satu dihati, hehe.

Nah pas lagi semangat-semangatnya nih, gue iseng-iseng daftar google adsense, dan hasilnya, langsung DITOLAK tanpa kompromi, ya karna memang blog gue masih baru dan viewernya pun masih sangat sedikit, dari situ semangat gue udah mulai luntur, dan gue mutusin untuk berhenti sebentar dari dunia per-blogeer-an. Gue fokus sama karir gue yaitu menjadi playboy, haha, bercanda, gue ini orangnya setia kok, yang masih jomblo daftar aja, hehe gratis tanpa biaya admin, gak kayak minta tanda tangan di kecamatan, ada biaya adminnya.

Oke kembali ke topik, nah setelah gue udah lumayan lama gak ngeblog, ada rasa kangen gue kepada si blogger, ahirnya gue buka lagi akun blogspot gue, alhamdulilah masih inget passwordnya. Dan saat udah masuk di dasbor blogspot, gue lihat statistiknya, disitu gue terkejut bukan main, setelah sekian lama gue ninggalin dunia blogger ternyata viewer gue gak nambah, sama persis saat terahir gue buka itu blog.

Nah karna gue ingin mengobati rasa rindu gue terhadap dunia blogger akhirnya gue hapus itu akun blog gue, dan membuat akun baru, gue berharap dengan akun baru itu ada semangat baru juga untuk konsisten ngeblog, dan akhirnya gue mulai nulis lagi, dan pada tulisan pertama di blog pertama gue yang baru, gue bener-bener konsepin baik-baik untuk nulis, mulai dari tema, judul dan tata bahasa, bayangin aja untuk nulis satu artikel gue perlu seminggu untuk ngonsepinnya dulu.

Nah, akhirnya artikel pertama gue jadi dan sudah diupload, dan tak lupa gue share ke akun fb gue. Pada hari pertama artikel gue terbit viewernya banyak banget bagi pemula seperti saya, hari pertama tembus 500 view lebih, hari kedua tambah banyak, pada saat gue lihat statistik blog gue viewernya mencapai seribu lebih, wah saya berkata dalam hati “ ini yang sya butuhkan, kerja keras sya nyusun artikel gak sia-sia”, hari demi hari viewer gue semakin bertambah, hingga mencapai 2800 view setelah seminggu artikel gue upload, 2800 viewer dari satu artikel bagi saya sudah lebih dari cukup.

Minggu selanjutnya gue mulai menyusun artikel lagi tapi saat rancangan artikel baru sampai pertengahan jalan, tiba-tiba gue kepikiran untuk mendaftarkan blog gue ke google adsense, dan pada saat itu, baru satu artikel di blog gue. Gue berpikir sejenak bertanya pada diri sendiri apakah lamaran gue akan diterima sama google, anatara pesimis karna sudah pernah ditolak sama google, dan optimis karna jumlah viewer gue yang lumayan, akhirnya gue memberanikan diri mendaftarkan blog gue ke google adsense, butuh seminggu untuk gue mendapat kepastian dari pujaan hati, dan selama seminggu itu gue gak fokus buat bikin blog.

Yang dinanti-nanti akhirnya tiba juga, email datang dari google, takut rasanya membuka pesan dari google, tapi karna penasaran akhirnya saya beranikan diri untuk membuka email itu, dan taarraaa, akhirnya gue diterima oleh google dan resmi menjadi publisher. Nah dari situ semangat gue semakin bertambah. Pada satu kesempatan gue buka akun google adsense gue, dan disana ada iklan yang siap ditampilkan di blog.

Setelah gue cari-cari tahu di youtube cara masang iklan, akhirnya gue paham dan mulai praktek, kode iklan sudah dicopy di blog dan saat gue buka blog, iklannya gak tampil, gue mulai bingung, gak bisa tidur, sampai gak nafsu makan, apa yang salah. Gue cari-cari tahu apa penyebabnya dan gue dapat jawaban bahwa iklan biasanya akan tampil setelah 2-3 hari. Akhirnya gue tunggu 3 hari, dan iklannya gak juga muncul. Dari situ gue mulai down lagi, hilang semangat lagi, dan ujung-ujungnya gue males ngeblog, gue nyalahin google, gue salahin adsense, pkoknya gue slahin semuanya, sampai operator warnet pun gue salahin. Berat rasanya jalanin semua ini.

Akhirnya gue kembali ke keidupan gue, iya jadi playboy, playboy gak laku.
Libur semster pun tiba, gue pulang kampung, gue ceritain semua kegagalan dan kekecewaan gue sama orang tua, orang tua gue bilang jangan maksain sesuatu yang memang tidak bisa dilakukan, lakukan apa yang kamu senangi, jangan melakukan sesuatu karna menginginkan balasan, lakukan dengan ikhlas. Setelah itu mamaku tanya tentang hobi gue, ya gue jawab hobi ku banyak, mulai dari olahraga, nulis, membaca, main musik meskipun sedikit, komputer, dan masih banyak lagi. Nyokap gue bilang mana yang menurutmu paling menyenangkan saat kamu melakukan hobi-hobimu itu, saya menjawab ya menulis, khusunya di blog, karna saat kita ngeblog dan ada yang nge-view rasanya seneng banget. Nyokap gue bilang “lha terus kenapa kamu berhenti nulis”, saya Cuma diem gk bisa jawab karna malu, lantaran gue berhenti nulis karna ditolak adsense dan tidak bisa pasang iklan.

Nyokap gue terus bilang, “kenapa diam, kalo kamu berhenti nulis karna ingin sebuah imbalan berarti kamu belum mengenali dirimu sendiri”, gue heran dan menanyakan maksud dari perkataan tadi, tapi nyokap Cuma menjawab, kenali dulu dirimu. Dari situ gue mulai nyadar kalo niat awal gue udah salah, akhirnya gue mulai nulis lagi dari awal, karna masih dikampung dan jauh dari warnet, gue mutusin untuk ngrancang dulu konsep dari artikel gue di sebuah buku, sebulan berlalu 6 judul artikel sudah jadi, tinggal nulis di blog dan upload.

Waktu liburan berahir, akhirnya gue berangkat ke kota buat lanjutin study gue, sehari setelah sampai di kota, gue ke warnet, gue udah bikin komitmen pada diri sendiri untuk tidak lagi berhenti di tengah jalan seperti sebelumnya, dan akun gue yang udah 2800 viewer gue putusin untuk gue hapus, dan membuat akun baru, berharap semangat baru muncul dari situ.
Sebulan kemudian gue bisa konsisten nulis di blog dan sudah beberapa judul yang gue upload, ya meskipun viewernya masih sedikit, tapi gue tetep semangat buat ngeblog, dan perkuliahan mulai aktiv, gue disibukan sama tugas kuliah yang banyak, namun di sela-sela kesibukan, gue sempatin buat nulis. 

Semakin lama tugas kuliah semakin padat, gue gk bisa lagi ngatur waktu, hinggan akhirnya blog gak keurus selama berminggu-minggu, hingga akhirnya seminggu yang lalu saat gue iseng-iseng buka blog gue saat kerja tugas, mumpung ada wifi, hehe. Gue lihat viewernya bertambah, namun gue belum sempat nulis artikel baru karna kesibukan kuliah. Dan 3 hari terahir gue mantau blog gue secara rutin, gue terkejut karna semakin hari viewernya makin bertambah, dan pada malam ini gue putusin buat nulis lagi blog gue yang dimulai dari bualan panjang gak jelas yang gue tulis ini.
Dan kedepannya gue akan coba untuk rutin menulis lagi, karna banyak viewer gue yang nungguin gue nulis lagi, hehe ke-GE-ER-an ya.

Doain ajha terus untuk siapa saja yang baca tulisan ini, semoga saya bisa konsisten buat nulis terus.
AMMIIIN...!!!!

Komentar