STEVE JOBS : Mahasiswa D.O Penemu APPLE

Steven Paul Jobs atau lebih dikenal dengan Steve Jobs lahir di San Francisco,California, Amerika Serikat pada 24 Februari 1955. Steve Jobs adalah anak dari pasangan Abdul Fattah Jandali dan Joane Simpson, namun sejak bayi Steve Jobs diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs.
Alasan orang tua kandung Steve Jobs mengadopsikan anaknya karna hubungan anara Jandali dan Joane Simpson tidak direstui oleh orang tua Joanne Simpson, sehingga orang tua Steve Jobs harus menempuh jalan pahit, yaitu mengadopsikan anaknya. Namun terlepas dari itu semua, Jandali mengakui kalau dirinya menyesal mengadopsikan Steve Jobs. “saya tak tahu apakah Steve Jobs tahu, kalau putusan adopsi itu bukan saya yang ambil, kalau saya bisa memilih saat iu, tentu saja saya pilih untuk tetap bersama Steve”. Ujar Jandali.



Meskipun diasuh oleh orang tua angkat, namun Steve Jobs diberlakukan secara spesial oleh orang tua angkatnya, layaknya anak kandungnyasendiri. Steve juga disekolahkan seperti anak-anak pada umunya, bahkan sampai ke perguruan tinggi, padahal orang tua angkat Steve bisa dibilang hidup pas-pasan.
Masa kecil Jobs dihabiskan di California, semasa di bangku sekolah menengah, ia dan temannya sering pergi ke salah satu perusahaan teknologi Helwett Packard Company, disana ketertarikannya terhadap teknologi mulai tumbuh.
Seiring dengan berjalannya waktu, Jobs lulus dari sekolah menengah atas di Cupertino, California dan dirinya melanjutkan kuliah di Reed College, Portland, Oregon.
Reed college adalah kampus elit yang biaya kuliahnya hampir sama dengan Stanford University. Steve Jobs kuliah disini karna ke-naifannya yang ingin kuliah di kampus ternama. Hal ini membuat orang tua angkat Jobs menghabiskan uang tabungan masa tuanya untuk membiayai kuliahnya.
Setelah 6 bulan masa study, Jobs mulai gelisah, ia berfikir apakah kuliahnya hari ini dapat memberinya kepuasan tentang apa yang ia cari selama ini atau kuliahnya hari ini akan membantu dia menemukan jalan hidupnya. Apalagi orang tua angkat Steve sudah menghabiskan banyak biaya untuknya.
Akhirnya ia memilih untuk keluar atau D.O dan memutuskan untuk bekerja. Namun meskipun berhenti kuliah, ia masih menyempatkan diri untuk mengikuti mata kuliah kaligrafi di Reed College, karna kecintaanya terhadap keindahan desain dan tipografi. Dan dari situlah semuanya berawal.
Untuk bertahan hidup di kota dengan ekonomi yang terbatas Steve memulung kaleng bekas coca-cola yang dihargai 5 sen per botolnya dan karna tidak punya kos, ia numpang tidur di kos temannya, seminggu sekali ia juga berjalan sejauh 7 mil untuk mendapatkan makanan gratis di kuil hindu Hare Krishna. Namun dari kerasnya kehidupan inilah ia terbentuk.
Sepuluh tahun kemudian ia mendesain komputer macintosh atau mac. Dengan keahliannya ia berhasil membuat mac mempunyai tipografi terbaik terbaik pada masanya, ia mengatakan,”andai saja saya tidak D.O dan tidak mengambil kelas kaligrafi (kelas tunggal) maka macintosh tidak akan mempunyai huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar.


Komputer apple pertama kali di desain oleh Steve Jobs dan temannya yang bernama Wozniak di garasi orang tua angkat Jobs. Ketika itu ia berumur 20 tahun. Dan 10 tahun kemudian komputer apple berkembang yang dari 2 orang di garasi, menjadi sebuah perusahaan berpenghasilan 2 milyar dollar dengan 4000 karyawan. Namun, Steve Jobs saat berusia 30 tahun ia pernah dipecat dari perusahaan yang ia dirikan sendiri, bahkan setelah perusahaannya baru meluncurkan produk terbaik dari macintosh setahun sebelumnya. Dipecat dari perusahaan yang ia dirikan dan oleh orang yang ia rekrut sendiri adalah hal yang menyakitkan. Dan pada saat itu Steve pernah berfikir untuk tidak lagi berurusan dengan dunia bisnis.
Namun kecintaannya akan teknologi membuat ia memutuskan untuk memulainya dari awal. Ia mengatakan,”dipecat dari apple adalah hal yang terbaik yang pernah saya alami, beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula lagi,”.
Kekreativan Jobs muncul lagi setelah ia dipecat. 5 tahun sejak pemecatannya ia mendirikan perusahaan NeXT dan Pixar. Pixar tumbuh menjadi perusahaan yang menciptakan komputer film animasi pertama yaitu Toy Story, dan sekarang pixar adalah studio paling sukses di dunia. Dan NeXT dibeli oleh apple dan teknologi yang dikembangkan NeXT adalah jantung bagi apple untuk kembali bangkit, bahkan sampai sekarang.
Steve Jobs berkata pada pidatonya :”saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang anda sukai, pekerjaan anda akan menghabiskan sebagian dari hidup anda. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjan besar adalah mencintai apa yang anda lakukan, jika anda belum merasa menemukannya, teruslah mencari, jangan berdiam diri. Sebagaimana dengan peraaan hati, anda akan tahu bila anda telah menemukannya,”.
Steve Jobs meninggal pada 5 oktober 2011, di Pato Alto, California, Amerika Serikat, meninggalkan bekas-bekas kerja keranya yang sekarang begitu dikagumi oleh orang-orang di dunia. Terima kasih Steve Jobs.


''....KEMATIAN ADALAH PENEMUAN TERBAIK DALAM KEHIDUPAN''.
  -Steve Jobs-















Komentar